Pages

02 Juli 2013

POSISI TIDUR YANG BAIK BAGI BAYI DI USIA 0 - 6 BULAN

Pernah terjadi sebuah kasus bayi meninggal karena kehabisan napas akibat posisi tidur yang salah. Hal ini bukan untuk menakuti, tetapi dengan posisi tidur yang benar anda bisa menghindarinya. dan dengan menjaga posisi tidur yang benar maka selain mereka dapat bernapas dengan leluasa mereka juga bisa tidur dengan nyenyak dan bayi yang cukup tidur adalah bayi yang sehat.



Mengenal Posisi Tidur yang baik bagi bayi usia 0 - 6 Bulan

Berikut posisi tidur yang baik bagi bayi usia 0 - 6 bulan dan sangat dianjurkan:


  • Tidur terlentang
    Bisa dibilang bayi sudah memiliki kemampuan sendiri untuk mencari posisi tidur yang enak. Namun jika dikaitkan dengan SIDS 
    atau sindrom kematian mendadak pada bayi, posisi tidur terlentang adalah posisi yang paling dianjurkan untuk bayi.
  • Tidur miring
    Tidur pada posisi miring ke kanan juga baik bagi bayi yang berumur di bawah 6 bulan. Karena pada posisi ini susu yang diminum akan masuk langsung ke lambung sehingga lambung akan lebih mudah mencerna segala minuman yang diminum bayi.
  • Tidur tengkurap
    Posisi tidur ini paling sering dihubungkan dengan kasus SIDS tapi pada kenyataannya, banyak manfaat yang bisa didapat oleh bayi karena tidur tengkurap yaitu bayi menjadi lebih mudah bernafas sehingga tidurnya lebih nyenyak dan jarang menangis.
Menjaga posisi tidur yang baik bagi bayi usia 0 - 6 bulan

Jika dilihat dari daftar di atas, dapat dipastikan posisi tidur paling baik pada bayi adalah tidur dengan posisi tengkurap namun tentu saja anda juga mengenali bahayanya, banyak kasus SIDS yang terjadi pada saat bayi tersebut tidur tengkurap. Oleh karena itu saat buah hati anda sedang tidur pada posisi tengkurap, anda harus selalu memperhatikan posisi bayi dengan seksama agar mereka tidak kehabisan nafas dengan cara memiringkan kepala bayi ke kiri atau ke kanan. Sehingga bayi tidak perlu menghadapi risiko SIDS atau kehabisan nafas namun masih tetap dapat menikmati posisi tidur yang baik bagi bayi di bawah usia 6 bulan.
 

         

0 komentar:

Posting Komentar