Pages

29 Juni 2013

MANFAAT BERJEMUR DI PAGI HARI UNTUK BAYI

Tahukah anda apa saja manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi kita??
Sebenarnya sih sangat banyak, namun beberapa penjelasan di bawah ini sudah cukup mewakili penjelasan mengenai manfaat sinar matahari pagi:

  1. Matahari pagi dapat mencegah bayi mengalami sakit kuning karena kekurangan sinar matahari pagi.
  2. Sinar matahari pagi kaya akan vitamin D. Vitamin D dibentuk dari kolesterol dalam tubuh yang di ubah menjadi sinar ultraviolet yang hanya bisa didapatkan dari sinar matahari pagi.
  3. Sinar matahari pagi juga dapat membantu mengurangi kejenuhan atau depresi. Bayi yang cukup sinar matahari pagi akan jarang menangis karena sinar matahari pagi memiliki fungsi melepas hormon endorphin dalam tubuh yang juga dikenal dengan sebutan hormon anti - depresi. 

   
 



Namun anda harus cukup tahu bahwa waktu terbaik untuk menikmati manfaat sinar matahari sangatlah terbatas yaitu hanya pada pukul 7 sampai 9 pagi saja. Selebihnya lebih baik untuk menghindar dari terpaan sinar matahari langsung.

Mengoptimalkan manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi

Walau sinar matahari pagi sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk bayi, orang tua harus mengetahui pula cara tepat untuk mengoptimalkan manfaatnya yaitu seperti:
  • Tidak menjemur bayi anda terlalu lama karena bisa menyebabkan bayi kepanasan dan dehidrasi. Selain itu kulit bayi masih sangat sensitive.
  • Cukup menjemur bayi selama 15 menit lalu bawa bayi masuk dan beri ASI atau minum air putih, setelah itu jemur lagi bayi selama 15 menit dan beri ASI lagi. Jadi menjemur bayi maksimal 30 menit perhari sudah cukup.
Jadi pastikan bayi anda mendapat cukup sinar matahari setiap hari. Beruntung bagi anda yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis sehingga setiap hari dapat menikmati manfaat berjemur di pagi hari.
 

1 komentar:

  1. informasi yang sangat bermanfaat ... terima kasih !!

    Lihat juga informasi dari specialist kesehatan disini : Bisikan Sehat

    BalasHapus