Pages

29 Juni 2013

CARA MERAWAT TALI PUSAT BAYI YANG BARU LAHIR

PENGERTIAN TALI PUSAT

Tali pusat merupakan bagian dari plasenta sebagai penghubung antara bayi dan plasenta di dalam kandungan. Tugas tali pusat sebagai penyalur sari makanan, oksigen, dan semua zat - zat yang dibutuhkan bayi selama berada di dalam kandungan. Panjang tali pusar kira - kira 50 cm dengan ketebalan 12 mm. Ketika bayi anda baru lahir, maka tali pusat akan di potong, kemudian potongannya akan di kubur di dalam tanah. Tali pusat yang masih melekat di perut bayi itu biasa orang menyebutnya pusar.



MENGAPA PERAWATAN TALI PUSAT BAYI YANG BARU LAHIR HARUS DILAKUKAN??

Tali pusat bayi yang baru lahir perlu dirawat dengan benar. Pasalnya dengan daya tahan tubuh bayi masih lemah memungkinkan terjadinya infeksi pada tali pusar sangatlah besar. Tali pusat yang terinfeksi dapat menyebabkan penyakit Tetanus Neonatorum yang kecil kemungkinan untuk disembuhkan. Oleh karena itu orang tua perlu memperhatikan dengan benar teknik perawatan tali pusat ini.

Bagaimana Teknik Perawatan Tali Pusat Bayi Yang Baru Lahir?

Pada awalnya perawatan tali pusat dilakukan dengan menetaskan alkohol atau obat luka pada tali pusat. Namun seiring berkembangnya teknologi kedokteran, justru penggunaan alkohol dan obat luka tidak dianjurkan dokter lagi. Bayi yang baru lahir tentu saja kondisi tali pusatnya masih basah. Namun dalam beberapa hari akan kering seiring perawatan yang Anda berikan.
Sebenarnya cara merawat tali pusat sangatlah mudah jika Anda tahu tekniknya. Namun bagi Anda yang baru memiliki momongan mungkin akan terasa sulit untuk mempraktekannya. Berikut ini beberapa teknik perawatan tali pusat, yaitu :

  • Usahakan tali pusat bayi selalu dalam kondisi bersih dan kering. Jika Anda memandikan bayi, maka setelah selesai segera keringkan tali pusatnya dengan handuk lembut. Kemudian jika Anda akan memberi bedak atau minyak, usahakan jangan sampai mengenai tali pusatnya.
  • Agar cepat kering namun tetap bersih, bungkus tali pusatnya dengan kain kasa lembut ataupun kapas.
  • Ketika Anda akan mengenakan popok atau celana bayi sebaiknya jangan sampai mengenai tali pusatnya. Hal ini dikhawatirkan, jika bayi mengompol air kencingnya dapat merambat ke tali pusat sehingga dapat menyebabkan infeksi.
Perawatan Tali Pusat Bayi Yang Baru Lahir memang membutuhkan perhatian ekstra dari orang tua yang mengasuhnya. Oleh karena itu, usahakan Anda selalu memeriksa kondisi tali pusat bayi Anda agar terbebas dari infeksi.

0 komentar:

Posting Komentar