Pages

27 Juni 2013

KAPANKAH BAYI BOLEH TENGKURAP ?

Kapankah sebaiknya bayi boleh tengkurap? Itulah pertanyaan yang biasanya sering muncul di benak para ibu. Posisi tengkurap merupakan salah satu posisi yang akan menjaga tengkorak bayi. Meski pada awalnya posisi yang disukai bayi adalah telentang, tapi posisi telentang tidak boleh dilakukan secara terus menerus. Posisi telentang jika dilakukan secara terus menerus akan menjadikan bagian belakang kepala bayi tampak rata.


Alasan dan cara memposisikan bayi tengkurap

Posisi tengkurap dilakukan sesekali pada bayi selain posisi miring ataupun telentang. Adapun beberapa alasan bayi baik dalam posisi tengkurap sekali waktu antara lain.

1.   Dapat menjadikan bagian belakang kepala bayi istirahat sejenak
2.   Otot leher pada bayi menjadi kuat dengan posisi tengkurap sebagai persiapan bagi bayi untuk merayap.
3. Dapat meningkatkan perkembangan kemampuan motorik kasar pada bayi. Hal tersebut tampak ketika bayi menggerakkan tangan dan kakinya ketika posisi tengkurap.
4. Dapat meningkatkan perkembangan kemampuan motorik halus pada bayi. Hal tersebut tampak ketika bayi dalam upaya menggenggam ataupun menarik-narik pakaian ataupun alas tengkurapnya.

Demikianlah beberapa alasan bayi sekali waktu dapat diposisikan tengkurap
Lalu, berikut ini cara melatih bayi posisi tengkurap:
  1. Silakan memposisikan diri anda untuk berbaring ataupun duduk dengan sandaran. Ketika anda sedang dalam posisi tersebut, maka anda dapat memposisikan bayi untuk tengkurap di perut anda.
  2. Anda juga dapat membentangkan selimut tebal atau alas kanvas di lantai, kemudian bayi diposisikan tengkurap di atasnya.
  3. Cara lainnya yaitu anda dapat menggendong bayi anda , lalu tengkurapkan di lengan anda.
Itulah beberapa cara melakukan latihan memposisikan bayi tengkurap. Hal penting selanjutnya yang harus diketahui oleh para orang tua yaitu saat yang tepat untuk tengkurap.

Kapankah sebaiknya bayi boleh tengkurap?

Bayi menyukai aktivitas yang menyenangkan dan membahagiakannya. Bayi biasanya mulai dilatih dan dibiasakan tengkurap ketika usia 2 hingga 3 bulan. Pada saat itu, umumnya bayi sudah mulai mampu mengendalikan gerakan kepalanya. Latihan dan membiasakan bayi tengkurap dapat dilakukan tiap hari dengan waktu yang berselang-seling, misal mulai dari 5 menit di waktu pagi hari kemudian istirahat dan dilanjutkan lagi pada waktu selanjutnya. Baik ayah ataupun ibu dapat mencoba melakukannya secara bergantian.
Silakan melakukan latihan posisi tengkurap dengan mengajak bayi Anda bicara, bernyanyi ataupun aktivitas lainnya.
Selamat mencoba.....

0 komentar:

Posting Komentar