Pages

15 Juli 2013

MENGAPA BAYI BINGUNG PUTING???

Bayi Bingung Puting di sini artinya bayi yang – karena suatu sebab – menolak menyusu langsung dari ibunya dan lebih memilih minum ASI menggunakan botol.

 

Mengapa Bayi Bingung Puting?

Dalam kasus seperti ini bayi baru lahir mengalami kebingungan untuk memutuskan apakah dia ingin menghisap puting atau botol susu. Biasanya, hal ini terjadi jika bayi yang baru lahir diperkenalkan pada botol susu terlalu dini. Bayi yang awalnya diberi ASI melalui puting ibunya lalu disusui dengan botol, juga seringkali kemudian menolak ketika disusui melalui puting lagi.
Penolakan ini terjadi karena bayi merasa menyusu melalui botol lebih mudah karena ASI keluar lebih lancar dibandingkan dengan puting payudara. Oleh karena itu ketika ia diberikan ASI melalui puting lagi, ia akan menolak. Faktor lain yang membuat bayi mengalami bingung puting adalah jika bayi merasa tidak mendapat cukup ASI dari ibunya atau ASI tidak keluar cukup lancar sehingga bayi harus berusaha menghisap lebih kuat sehingga membuatnya lelah dan menolak menyusu melalui puting.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mencari sebab mengapa bayi bingung puting. Mungkin bayi merasa tidak mendapatkan cukup ASI jika menyusu lewat puting atau anda pernah memberinya susu menggunakan botol. Jika masalahnya adalah bayi merasa tidak mendapatkan cukup ASI jika menyusu lewat puting, coba perhatikan dan pelajari lagi posisi anda saat menyusui; apakah sudah tepat atau belum.
Posisi menyusui yang benar akan membuat pelekatan yang tepat dan bayi bias mendapatkan ASI secara efektif serta mencegah nyeri di puting akibat hisapan. Jika bayi mengalami bingung puting karena pernah menyusu dari botol, langkah yang harus segera anda lakukan adalah berhenti memberinya susu dari botol dengan alas an apapun. Hentikan juga penggunaan empeng atau pacifier, hal itu hanya akan membuat bayi bertambah frustasi.
Sebaliknya, coba untuk terus menawarkan payudara anda pada bayi di saat dia menunjukkan keinginan menyusu. Jika bay menolaknya, jangan pernah menyerah. Jika bayi sangat lapar, ia tidak akan punya pilihan selain menyusu lewat puting. Biarkan bayi anda juga belajar bagaimana menyusu dengan benar serta mendapatkan pelekatan yang tepat. Jika bayi mengalami bingung puting, segera atasi dan jangan biarkan hal ini berlarut larut sebab akan berpengaruh pada menurunnya produksi ASI anda, bagaimana pun juga anda harus memberinya ASI eksklusif bukan? Jadi segera atasi masalah Bayi Bingung Putting ini.

0 komentar:

Posting Komentar