Pages

23 Juli 2013

MUSIK UNTUK PERKEMBANGAN BAYI


Sebelum bayi  dilahirkan, musik sudah memberikan efek yang positif pada perkembangan janin.  Seorang ibu sering mendengarkan musik melalui headphone untuk calon bayi mereka yang belum lahir. Musik adalah elemen penting untuk belajar dan perkembangan bayi. Seorang bayi akan terpesona sejak mereka dilahirkan.  Musik dapat membantu seorang ibu dan bayi menjadi santai dan meningkatkan memori perkembangan seorang bayi.


Bayi menikmati musik dan gerakan yang ada dalam sebuah lagu. Mengajarkan lagu-lagu dengan gaya dapat membantu bayi untuk turut serta meniru gerakan menari. Gerakan bayi membantu untuk keseimbangan, koordinasi , dan gerakan sesuai dengan irama lagu. Ketika mendengarkan musik adalah waktu yang menyenangkan untuk berbagi antara ibu dan bayi mereka.

Banyak sekali manfaat mendengarkan musik sejak dini kepada seorang bayi. Bernyanyi dengan bayi akan mengajarkan mereka tentang nada dan irama sebuah lagu. Ketika bayi mau tidur kita sebagai orangtua dapat menyanyikan sebuah lagu sehingga bayi dapat tertidur dengan nyenyak dan damai. Musik dapat menghibur bayi ketika di dalam mobil di sepanjang perjalanan. Musik dapat melatih sensor indra bayi. Dengan berlatih alat musik kita melatih kepekaan mereka akan alat musik.
Mendengarkan bayi musik klasik dapat merangsang saraf motoriknya. Karena lagu klasik dapat menenangkan bayi yang sedang rewel. Apalagi kalau mereka mendengarnya sejak kandungan sehingga sudah terbiasa. Musik dapat mempererat tali kasih sayang antara bayi dan ibu.

0 komentar:

Posting Komentar