Pages

29 Juni 2013

BERMANFAATKAH PIJAT BUAT BAYI ???

Bermanfaatkah pijat buat bayi??
Dalam dunia kedokteran, pijat bayi sudah memberikan banyak manfaat kepada bayi. Pijat bayi sudah dilakukan sejak dulu oleh ibu-ibu di India sebagai perlambang cinta. Ternyata dengan memijat bayi, ibu tidak hanya sekedar memberikan sentuhan kepada anaknya. Dengan memijat bayi hubungan bathin antara ibu dan anak akan terjalin kuat.


Beberapa manfaat pijat untuk bayi antara lain:

  1. Meningkatkan sistem imun bayi, sehingga bayi tidak mudah sakit.
  2. Memberikan rasa aman, rileks, tidak mudah cemas dalam menghadapi suasana.
  3. Meningkatkan konsentrasi bayi dan membuat bayi tidur lebih lelap.
  4. Menumbuhkan perasaan positif tentang tubuhnya dan meningkatkan pertumbuhan sang bayi.
  5. Membantu mengurangi serangan kolik dan masalah pencernaan lainnya.
  6. Meningkatkan berat badan bayi.
  7. Perut si buah hati menjadi lebih lega dan tidak kembung, sehingga gampang untuk buang angin dan buang air besar.
  8. Membantu stimulasi terhadap sistem peredaran darah dari dan ke Jantung.
  9. Mengembangkan kepekaan dan koordinasi tubuh.
  10. Memperkuat ikatan bathin antara bayi dengan ibu atau orang tua.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memijat Bayi?  

Semenjak lahir bayi sudah bisa diberi stimulus berupa pijatan. Namun, jika tali pusar bayi belum lepas, maka pijatan tidak boleh dilakukan pada daerah perut. Untuk bayi baru lahir sampai usia 3 bulan, pijatan dapat berupa sentuhan halus atau usapan lembut. Ketika bayi sudah berusia 3 bulan lebih, pijatan boleh diberi sedikit tekanan. Memijat bayi dapat dilakukan setelah mandi dan sebelum tidur (untuk membantu bayi agar tidur lebih lelap) yang lamanya sekitar 15 sampai 20 menit. Namun hindari memijat bayi setelah bayi makan atau menyusu, jangan membangunkan bayi hanya untuk dipijat, dan jangan memijat bayi jika bayi sakit. Ibu jangan memakai perhiasan dan kuku ibu tidak boleh panjang agar kulit bayi tidak terluka. Saat memijat, jalinlah komunikasi dengan bayi agar bayi lebih nyaman dan hubungan ibu dengan bayi lebih dekat.


Lalu, Bagaimana Cara Memijat Bayi?

Untuk memijat, gunakan baby oil dan ikuti saja naluri ibu, lalu lakukan dengan pelan dan lembut. Pertama, pijatlah bayi pada bagian wajah yang dimulai dari pelipis di atas alis, tulang hidung, kening, dagu, bagian di bawah mata sampai ke leher. Pijatan pada bagian kaki dimulai dari telapak, jari-jari, tungkai sampai paha. Pijatan pada tangan dimulai dari telapak, jari-jari, lengan sampai bahu. Dan pijatan pada punggung dimulai dari bagian atas sampai ke pangkal paha.

Sebagai penutup ibu bisa memberikan pijatan I LOVE YOU, yakni dengan cara:  Letakan tangan kiri anda di bagian perut sebelah kiri. gerakkan tangan anda dari iga bergerak kebawah membentuk huruf “ I ”, kemudian gerakkan tangan kanan anda dari perut kiri kekanan tarik ke bawah membentuk huruf “ L ” terbalik, dan dilanjutkan dari perut bawah ke atas melengkung membentuk huruf “ U ” terbalik. Sambil ucapakan I LOVE YOU sambil tersenyum ke arah bayi dan rasakan setruman energi cinta antara ibu dan bayi saat bayi anda membalas tersenyum kepada anda.

Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar