Pages

15 Juli 2013

CARA MENGOBATI ASMA PADA ANAK

Asma adalah radang atau infeksi pada paru-paru yang menyebabkan jalur pernafasan menjadi sempit sehingga menyebabkan penderitanya kesulitan bernafas.  Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia khususnya bayi dan anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum begitu kuat.


Asma biasanya disebabkan oleh virus terinfeksi seperti flu dan batuk. Pemicunya bisa bermacam-macam , antara lain debu, asap, asap dan bahan kimia, reaksi alergi, obat-obatan, binatang, makanan tertentu , bahkan  berolahraga.
Tidak ada obat pasti untuk menyembuhkan asma, tetapi ada berbagai cara pengobatan asma pada anak yang dapat digunakan berdasarkan pada dua tujuan penting yaitu untuk meredakan gejala asma dan mencegah serangan asma kembali terjadi.
Tes kulit dapat dilakukan untuk melihat apakah anak alergi terhadap zat tertentu. Pada anak, asma dapat didiagnosa jika ternyata mereka  merespon terhadap pengobatan asma.
Pada beberapa kasus yang parah, serangan asma diobati dengan tablet steroid yang diberikan selama periode waktu tertentu.
Inhaler  juga biasa digunakan untuk membantu penderita asma ketika mengalami serangan. Inhaler adalah alat pengisap berupa aerosol kecil yang dengan menghisap alat ini akan dapat melemaskan otot-otot di sekitar saluran udara sehingga memungkinkan anak untuk bernapas lebih mudah.  Kemampuan menggunakan inhaler dengan benar pada anak sangatlah penting agar fungsi alat tersebut  menjadi efektif.
Alat yang disebut peak flow meter yang dapat digunakan untuk mendeteksi asma karena bisa mengukur volume dan seberapa cepat udara keluar masuk dari paru-paru anak saat mereka bernafas. Alat ini juga dapat digunakan untuk memeriksa apakah pengobatan asma yang diberikan efektif.
Alat lain yang disebut spirometri  juga dapat membantu menentukan seberapa baik paru-paru anak bekerja dan dapat memberikan informasi lebih dari peak flow meter dan terkadang dokter juga melakukan x-ray untuk melihat apakah ada penyebab lainnya yang menjadi penyebab timbulnya serangan asma.
Berbagai faktor dapat terlibat dalam serangan asma, sehingga setiap pengobatan asma pada anak sifatnya akan individual tergantung pada reaksi atau daya tahan tubuh anak terhadap pemicunya. Pengobatan medis hanya bagian dari rangkaian pengobatan, jadi sangat penting juga untuk mengidentifikasi hal-hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya asma itu sendiri atau hal-hal yang bisa membuat serangan asma menjadi  parah. Membuat catatan berbagai  hal yang dapat memicu timbulnya asma anak Anda dapat membantu Anda untuk menemukan pola asma yang diderita anak Anda dan tentunya akan membantu dokter Anda dalam memberikan pengobatan. Kombinasi obat dan perawatan yang tepat akan sangat efektif untuk pengobatan asma pada anak Anda.
Semakin besar usia anak Anda, semakin ia dapat diajarkan untuk memahami pentingnya nya berhati-hati dalam menjaga segala hal yang bisa memicu serangan asmanya datang kembali. Dengan langkah dan perawatan yang tepat kebanyakan anak dengan asma juga  bisa menjalani kehidupan normal layaknya mereka yang tidak menderita asma.

0 komentar:

Poskan Komentar